“DENGAN DISIPLIN, KOMITMEN DAN TANGGUNG JAWAB, SERTA SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN DAN SANTUN KITA WUJUDKAN PELAYANAN PRIMA”

Login



Statistik

Anggota : 903
Konten : 314
Web Link : 17
Jumlah Kunjungan Konten : 281873
Home Berita SOSIALISASI HEMAT ENERGI
SOSIALISASI HEMAT ENERGI

hemat energi

Menghemat energi tidak lain adalah bertujuan untuk menghemat sumber energi, keuangan dan memelihara lingkungan.  Menghemat bisa dilakukan secara aman dan nyaman.  Secara mendasar, yang diperlukan dalam menghemat energi adalah kesadaran individu/perilaku individu itu sendiri serta mengerti mengenai teknik penghematan energi.  Penghematan energi terkadang harus dilakukan dengan menggantikan barang yang lama dengan barang yang baru dengan memperhatikan penggunaan daya perbulan per tahun. Itulah sebagian kecil yang disampaikan oleh Tim Fengadian Pada Masyarakat Fakultas Teknik UNSRI pada acara SOSIALISASI HEMAT ENERGI di Ruang Multi Media SMA Plus Negeri 17 Palembang.  Acara yang berlangsung pada hari Sabtu, 24 Nopember 2012 jam 09.00-12.00 WIB tersebut dihadiri oleh guru, karyawan staff tatausaha dan beberapa perwakilan siswa. Penghematan energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien dimana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi. Penghematan energi dapat menyebabkan berkurangnya biaya, serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan. Organisasi-organisasi serta perseorangan dapat menghemat biaya dengan melakukan penghematan energi, sedangkan pengguna komersial dan industri dapat meningkatkan efisiensi dan keuntungan dengan melakukan penghemaan energi.


Penghematan energi adalah unsur yang penting dari sebuah kebijakan energi. Penghematan energi menurunkan konsumsi energi dan permintaan energi per kapita, sehingga dapat menutup meningkatnya kebutuhan energi akibat pertumbuhan populasi. Hal ini mengurangi naiknya biaya energi, dan dapat mengurangi kebutuhan pembangkit energi atau impor energi. Berkurangnya permintaan energi dapat memberikan fleksibilitas dalam memilih metode produksi energi.

Selain itu, dengan mengurangi emisi, penghematan energi merupakan bagian penting dari mencegah atau mengurangi perubahan iklim. Penghematan energi juga memudahkan digantinya sumber-sumber tak dapat diperbaharui dengan sumber-sumber yang dapat diperbaharui. Penghematan energi sering merupakan cara paling ekonomis dalam menghadapi kekurangan energi, dan merupakan cara yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan meningkatkan produksi energi.

 

 


Copyright@ SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG 2014.