• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah

SMA Plus Negeri 17 Palembang terus menerapkan dan mengembangkan implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan setelah masa Penilaian Akhir Semester. Menjelang dibagikannya laporan hasil belajar selama satu semester ganjil ini, peserta didik diarahkan pada pemantapan implementasi pendidikan karakter di sekolah.

Kegiatan Pengambilan nilai ekstrakurikuler wajib Kepramukaan.
Kegiatan ini dikhususkan pada semua peserta didik kelas X yang memang belum melaksakan evaluasi ekstrakurikuler wajib kepramukaan. Sesuai rencana, kegiatan ini dilakukan selama tiga hari mulai Rabu kemarin sampai dengan jumat besok. Sementara untuk kelas XI dan XII sudah dilaksanakan pada awal semester yang lalu. Kegiatan ektrakurikuler wajib kepramukaan ini bertujuan untuk memupuk para anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya, menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya, kuat dan sehat fisiknya, dan menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.


Kegiatan Festival Kerohanian Islam
Kegiatan ini difokuskan kepada peserta didik kelas XI dimana cabang kegiatannya meliputi lomba cerdas cermat agama dan lomba kaligrafi Islam. Kegiatan ini dilaksanakan kemarin bertempat di Kompleks Masjid Baabul Ilmi SMA Plus Negeri 17 Palembang. Sementara untuk kegiatan lanjutan dari festival ini rencananya besok pagi, Jumat (15/12) akan digelar pengajian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan pembicara Bapak H. Solihin Hasibuan, M.Pd.I. dan diikuti oleh seluruh warga sekolah.

Kegiatan Pengambilan Nilai dan Apresiasi Seni
Kegiatan ini dilakukan kemarin, diperuntukkan bagi kelas XII untuk menampilkan kreasi seni sebagai nilai akhir mata pelajaran Seni Budaya. Peserta didik dipersilahkan untuk mengambil dan menerjemahkan sebuah karya dari berbagai sumber baik berupa sejarah, litologi, atau cerita religius kemudian diangkat dan disarikan dalam bentuk naskah dan diapresiasikan. Apresiasi terhadap suatu cerita tersebut kemudian dicari nilai dan kesannya kemudian dibuat teks lagunya dan pada akhirnya digelar dalam sebuah pertunjukan. Pembuatan naskah dan skenario dibuat sendiri oleh peserta didik dengan memperhatikan perencanaan waktu dan roundown/story boardnya. Semua diperhitungkan secara detail, sehingga tak diragukan lagi totalitas semua siswa dalam berbagai hal; mulai dari kostum, atribut, properti, alat musik, dan ekspresi yang dituangkan dalam aksi panggung seni drama, tari, musik, nyayiandapat memukau juri dan penonton sekaligus hiburan bagi setiap kelas.


Kegiatan Pengambilan Nilai Praktik Prakarya dan Kewirausahaan
Kegiatan ini juga diperuntukkan bagi peserta didik kelas XII pada hari ini bertempat di lapangan depan gedung C SMA Plus Negeri 17 Palembang. Kegiatan ini berupa pameran dan bazaar produk olahan pangan hasil observasi, penelitian dan inovasi peserta didik yang dapat dijadikan produk bernilai ekonomis. Kegiatan pengambilan nilai ini sebagai rangkaian kegiatan yang selama satu semester telah dilakukan observasi terhadap beberapa produk makanan yang dapat dikembangkan melalui inovasi baru agar nilai ekonomisnya meningkat. Melalui presentasi dan berbagai macam ujian, maka produk tersebut dipamerkan dan coba dipasarkan pada bazzar hari ini.


Kegiatan Lomba Futsal dan Melukis.
Kegiatan ini diselenggarakan pada hari ini, Kamis (14/12) bertempat di lapangan basket dan diikuti oleh seluruh perwakilan kelas XI. Pada pertandingan futsal dengan menggunakan system gugur ini diikuti oleh seluruh tim tiap kelas XI yang berjumlah tiga belas kelas dan satu tim guru. Meriah sekaligus hiburan terendiri bagi warga sekolah setelah selama satu semester disibukkan dengan kegiatan akademis yang cukup padat. Sementara untuk lomba melukis, diikuti oleh seluruh perwakilan kelas juga dan hasil karya yang dibuat rencananya akan dipamerkan pada gelaran Jubel Art Project besok pada hari Minggu, 17 Desember 2017 bertempat di  PSCC Palembang.

Demikian beberapa implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sesuai amanat kurikulum 2013,  salah satu fondasi tujuannya yakni pembentukan karakter. Dalam pelaksanaan PPK, diserahkan kepada sekolah, dan disesuaikan dengan kearifan lokal tempat sekolah berada. Dalam praktek setiap sekolah diberikan kebebasan berkreasi sesuai dengan kondisi dan budaya sekolah tersebut dan juga kemampuan atau sumber daya sekolah tersebut.