• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Profile

SEJARAH SINGKAT

SMA Plus Negeri 17 Palembang mulai beroperasi pada Tahun Pelajaran 1997/1998, menempati gedung eks SGO dan PGSD dengan luas tanah 34.280 m2. Pada tahun pertama dan kedua, input yang diterima di sekolah ini sangat rendah karena masyarakat belum mengetahui visi, misi, dan tujuan pendidikan yang diterapkan di sekolah ini. Setelah dua tahun dikelola dengan upaya maksimal dan terarah, masyarakat mulai menyadari bahwa SMA Plus Negeri 17 Palembang benar-benar lembaga yang tepat untuk menitipkan pendidikan putra-putrinya pada jenjang menengah atas.

Memasuki Tahun Pelajaran 1999/2000 SMA yang berlokasi di Lebong Siarang ini mengemban tugas berat sekaligus mulia sebagai salah satu SMA Unggulan Sumatera Selatan dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sumatera Selatan nomor 067/I.11/KP/1999 tanggal 1 Juli 1999 tentang Penyelenggaraan Sekolah Unggul Propinsi Sumatera Selatan dan Nomor 129/I.11/KP/2000 tanggal 24 Januari 2000 tentang Pembukaan SMA-SMA Unggul di Sepuluh Kabupaten/Kodya Sumatera Selatan, serta diperkuat pula dengan Surat Keputusan Gubernur Propinsi Sumatera Selatan nomor 244/SK/VII/2000 tanggal 30 Mei 2000 tentang Persetujuan Pembukaan SMA-SMA Unggul di Sepuluh Kabupaten/Kota Propinsi Sumatera Selatan.
Pada perkembangan selanjutnya, SMA Plus Negeri 17 Palembang ditetapkan sebagai Rintisan SMA Bertaraf Internasional berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemn Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor 564.a/C4/MN/2007 Tanggal 15 Juni 2007.

Mamasuki usia enam belas tahun, banyak prestasi yang sudah dicapai mulai dari tingkat kota hingga even internasional. Bidang karya tulis paling banyak menyumbang prestasi, mulai dari even kota, propinsi, nasional hingga internasional. Melalui program AFS, setiap tahun rata-rata empat siswa dikirim ke Amerika dan Jepang. Pada Olimpiade Tingkat Nasional tahun 2007 medali perak dan perunggu berhasil diraih melalui Komputer dan Kimia. Pada Olimpiade Sains Tingkat Nasional tahun 2010 dan 2012 kembali SMA Plus Negeri 17 Palembang memperoleh perunggu untuk bidang Kimia.
Para lulusan(Alumni) SMA Plus negeri 17 Palembang dari tahun ke tahun menunjukkan dinamika kemajuan yang cukup membanggakan. Lulusan SMA Plus Negeri 17 Palembang banyak diterima di perguruan tinggi negeri favorit dalam dan luar negeri, serta kedinasan. Hasil UN 2011/2012 yang baru lalu, SMA Plus Negeri 17 Palembang menempati peringkat satu propinsi Sumatera Selatan untuk peraihan NEM IPA dan IPS. Tercatat 20 orang siswanya menduduki peringkat teratas secara individu. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari pengelolaan yang terarah dan sistematis, serta komitmen yang tinggi dari segenap warga sekolah dengan ujung tombaknya adalah para guru. Ke depan diharapkan prestasi akan terus meningkat lebih banyak lagi.

KEBIJAKAN MUTU

  1. Berkomitmen untuk melaksanakan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 secara konsisten di bidang pendidikan
  2. Berusaha untuk memuaskan semua stakeholder sekolah dengan meningkatkan secara terus-menerus pelayanan pendidikan
  3. Berusaha melaksanakan tindakan koreksi dan pencegahan berkesinambungan
  4. Memfasilitasi kegiatan supervisi, diskusi, evaluasi, dan revisi terhadap program yang telah dilaksanakan
  5. Menjunjung tinggi nilai-nilai keikhlasan

TUJUAN

  1. Mempersiapkan peserta didik yang bertakwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian, cerdas, berkualitas dan berprestasi dalam bidang olahraga dan seni.
  3. Membekali peserta didik agar memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri.
  4. Menanamkan peserta didik sikap ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dengan lingkungan dan mengembangkan sikap sportivitas.
  5. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Data Sekolah

NSS / NPSN : 301116007028 / 10603858

Nama Sekolah   : SMA Negeri 17 Palembang

Alamat : Jalan Mayor Zurbi Bustan

Kelurahan : Sukajaya

Kecamatan : Sukarami

Kota: Palembang

Provinsi  : Sumatera Selatan

Kode pos : 30151

Nomor telp./Fax  : 0711-412651 / 0711-421007

Website/email : www.sman17plg.sch.id / Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

Tahun berdiri sekolah  : 1997

Bentuk sekolah : Biasa/konvensional

Waktu Penyelenggaraan  : Pagi-Sore-Malam

Jarak Sekolah Setingkat terdekat  :  1 km

Akreditasi  : A (Amat Baik)

Luas tanah seluruhnya  : 34.280 m2

 

VISI DAN MISI

VISI
UNGGUL DALAM PRESTASI, BERKARAKTER BANGSA, BERJIWA KEWIRAUSAHAAN, BERWAWASAN LINGKUNGAN, DAN PRIMA DALAM LAYANAN

Indikator Visi

  1. Unggul dalam disiplin
  2. Unggul dalam keagamaan/ berakhlak mulia
  3. Unggul dalam KBM
  4. Unggul dalam perolehan nilai UN dan US (output)
  5. Unggul dalam memenangkan persaingan masuk perguruan tinggi favorit dalam dan luar negeri (outcome).
  6. Unggul dalam lomba Karya Ilmiah Remaja
  7. Unggul dalam lomba Olimpiade Sains
  8. Unggul dalam lomba kreativitas siswa
  9. Unggul dalam penguasaan bahasa Inggris
  10. Unggul dalam penguasaan teknologi informasi
  11. Unggul dalam pengelolaan dan penataan lingkungan.


MISI

  1. Menerapkan disiplin tinggi dengan memperhatikan sopan satun serta menumbuhkembangkan rasa kepedulian sosial terhadap masyarakat
  2. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak
  3. Mengoptimalkan pelaksanaan KBM yang efektif dengan menerapkan sistem pembelajaran moving class (kelas bergerak), evaluasi, dan program perbaikan/pengayaan serta memberikan pelayanan khusus melalui program akselerasi.
  4. Memotivasi dan membantu peserta didik untuk mengenali potensi dirinya dengan memberikan wadah dalam kegiatan ekstrakurikuler
  5. Mengoptimalkan pembinaan terhadap kelompok gemar mata pelajaran untuk menghadapi Olimpiade Sains
  6. Menerapkan penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi antarwarga sekolah secara intensif
  7. Mengoptimalkan pelaksanaan 7K dengan memberdayakan potensi yang ada di lingkungan sekolah
  8. Memberdayakan seluruh potensi sekolah untuk mewujudkan keunggulan sekolah sehingga dapat bersaing secara global melalui penerapan maajemen partisipatif.
  9. Melaksanakan pembelajaran muatan lokal (mulok) yang berorientasi pada pengelolaan lingkungan.
  10. Menanamkan budaya sekolah bersih dan sehat melalui pengelolaan lingkungan yang baik dan kontinu.
  11. Memberikan pelayanan prima pada bidang kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, dan humas kepada siswa, orang tua dan Stakeholder lainnya.