• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Statistik

Anggota : 10
Konten : 613
Web Link : 18
Jumlah Kunjungan Konten : 1884630

Screening/Penjaringan Kesehatan Peserta Didik

SMA Plus Negeri 17 Palembang bekerja sama dengan Puskesmas Sosial melaksanakan Screening/Penjaringan kesehatan kepada peserta didik sebagai bentuk pelayanan di bidang kesehatan,  Rabu (21/08). Screening/penjaringan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan peserta didik dengan dilakukannya pemeriksaan secara berkala. Kegiatan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala tersebut dilaksanakan melalui wadah usaha sekolah (UKS).

 

Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)  di sekolah dilaksanakan melalui tiga program pokok yang biasa dikenal sebagai trias UKS meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Pelayanan kesehatan yang dimaksud meliputi Screening Kesehatan Anak Sekolah atau dikenal sebagai penjaringan kesehatan, pemantauan kesehatan serta penyuluhan kesehatan.

Screening Kesehatan

Penjaringan dilakukan setahun sekali pada awal tahun pelajaran terhadap peserta didik kelas X yang dilakukan oleh suatu Tim Penjaringan Kesehatan dibawah koordinasi Puskesmas Sosial. Penjaringan kesehatan meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama sama kader kesehatan remaja dan guru sekolah. Pengisian kuesioner oleh siswa didik digunakan untuk mengetahui riwayat kesehatan secara umum, informasi kesehatan keluarga, riwayat imunisasi, gaya hidup, kesehatan intelegensia, kesehatan mental remaja, kesehatan reproduksi dan bahan edukasi kelas konseling

Tes Kebugaran

Masih dalam rangkaian kegiatan screening kesehatan, pagi tadi juga dilaksanakan tes kebugaran jasmani yang dilakukan pada peserta didik dengan cara pengukuran tensi, tinggi badan, berat badan, dan denyut nadi serta praktek lari 1000 meter. Selama kegiatan tersebut mereka dipandu oleh narasumber dari Puskesmas bekerja sama dengan guru olahraga SMA Plus Negeri 17 Palembang. Tes kebugaran jasmani ini dimaksudkan untuk mewujudkan peserta didik yang sehat, bugar dan berprestasi. Melalui pembudayaan aktifitas fisik dan olahraga yang baik, benar, terukur dan teratur di lingkungan sekolah. Kebugaran jasmani dapat menggambarkan kondisi fisik seseorang untuk melakukan aktivitas.

Pemberian tablet Fe (zat besi)

Pemberian tablet zat besi untuk peserta didik putri ini dilakukan untuk meminimalisiasi perempuan usia muda mengalami anemia. Semoga dengan rutin meminum tablet tambah darah ditunjang pemberian nutrisi yang baik, peserta didik putri di SMA Plus Negeri 17 Palembang remaja yang lebih sehat.