• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Statistik

Anggota : 10
Konten : 613
Web Link : 18
Jumlah Kunjungan Konten : 1884601

Evaluasi Karya Tulis Bugemm Semester Ganjil

SMA Plus Negeri 17 Palembang yang menjadi salah satu barometer perkembangan pendidikan di Sumatera Selatan dituntut untuk terus mampu menularkan program unggulan dan praktik baik ke sekolah lain guna mempercepat peningkatan mutu pendidikan salah satunya adalah program budaya meulis dan membaca (BUGEMM).

 

Seluruh peserta didik kelas X dan XI, Senin dan Selasa (25-26/11) kemarin mengikuti evaluasi karya tulis Budaya Gemar Membaca dan Menulis (Bugemm) semester ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020. Peserta didik diwajibkan mempresentasikan karya tulis mereka di hadapan penguji dan peserta didik sekelasnya setelah menempuh bimbingan selama satu semester bersama guru pembimbing.

Kegiatan ini merupakan tahap akhir dari rangkaian salah satu program unggulan SMA Plus Negeri 17 Palembang dalam mengembangkan kebiasaan meneliti yang diawali dengan membaca dan menulis karya ilmiah yang dikenal dengan Budaya Gemar Membaca dan Menulis (Bugemm). Ujian ini dikemas dalam bentuk presentasi karya tulis ilmiah sederhana. Siswa dibimbing oleh guru pembimbing Bugemm dan karya mereka diujikan melalui presentasi di hadapan penguji untuk proses penilaian. Program ini sudah ada sejak tahun 2000. Dan sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh para alumni ketika mereka melanjutkan di bangku kuliah.

Ujian Bugemm atau Evaluasi Bugemm harus diikuti oleh peserta didik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh sekolah. Evaluasi Bugemm ini dilakukan oleh guru penguji (bukan guru pembimbing dari peserta didik yang bersangkutan). Pada saat evaluasi, peserta didik mempresentasikan laporan hasil penelitiannya atau resensi dan dilanjutkan dengan pertanyaan dari penguji dan atau peserta ujian yang lain. Semua peserta ujian harus berada di tempat ujian hingga ujian berakhir

Melalui kegiatan Bugemm, banyak hal positif yang diperoleh peserta didik, guru, dan sekolah. Bagi peserta didik, program ini membiasakan diri mereka untuk memiliki kebiasaan membaca, menulis dan berpikir secara ilmiah. Bagi guru, memacu dan memotivasi profesionalisme dan memantapkan iklim ilmiah di lingkungan sekolah. Bahkan tidak sedikit peserta didik yang terus berinovasi di karya tulis ilmiah ini dan turut mengharumkan nama sekolah maupun Provinsi Sumatera Selatan di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, karakter disiplin, kerja keras dan jujur juga dituntut dalam pelaksanaan Bugemm ini